Monday 14 September 2015

ANEKA PERMAINAN SEBELUM ADANYA INTERNET



ANEKA PERMAINAN (GAME) SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA INTERNET


Perubahan zaman memang terus bergulir. Beruntung sekali jika anda juga termasuk orang yang mengalami transisi perubahan zaman tersebut. Menjadi bagian dari pergeseran zaman tersebut sesuatu yang luar biasa. Kenapa dikatakan luar biasa, karena kita mungkin sebelum masuk ke era teknologi yang super canggih ini pernah berpikir sesuatu hal yang tidak mungkin bias dilakukan oleh manusia pada saat yang lalu, tapi ternyata yang kita pikirkan pada waktu itu terjawab sudah ketika kita sudah memasuki era teknologi saat ini.

Segala aspek kehidupan mengalami banyak perubahan. Segala sesuatu dipermudah dengan adanya akses internet. Apa yang kita butuhkan dalam bentuk apapun dapat kita akses melalui internet. Dalam dunia permainan (game) banyak aneka game yang dengan mudah dimainkan di gadget putra-putri anda. Tapi pernahkan anda berpikir sudah pantaskah usia putra-putri anda memainkan game yang ada di gadget putra-putri anda..?
Karena tidak semua game yang ada di dunia maya tersebut sesuai dengan usia putra-putri anda.

Baiklahh…kalau anda pernah mengalami keraguan akan hal tersebut, itu bisa jadi pertanda baik. Karena anda memikirkan juga dampak negative dari game yang sering dimainkan putra-putri anda.

Sekarang saya ingin mengajak anda bernostalgia ke masa lalu. Ketika anda masih dibangku sekolah dasar, atau mungkin masih di sekolah taman kanak-kanak. Bisa jadi anda pasti masih ingat segala bentuk permainan manual, yang begitu banyak manfaatnya di kala itu. Kenapa saya katakana manual, karena aneka permainan pada waktu itu segala sesuatunya dibutuhkan kekompakan, rasa tanggung jawab bersama, dan pastinya tanpa bantuan jaringan internet.

Saya yakin anda pasti sudah mulai mengingat (mungkin sambil tersenyum) permainan yang sering anda ikuti dengan teman-teman semasa kecil anda. Sering jadi juara atau malah sering dapat hukuman tuhh….Ahhh mau menang atau kalah mungkin tidak terlalu anda pikirkan pada waktu itu. Rasa kebersamaan mungkin juga itu yang anda rasakan. Rasanya lega bias kumpul bareng teman-teman pada waktu.

Kembali ke permainan (game) yang sangat popular pada waktu itu tiap daerah pasti berbeda ya, mungkin ada juga sebagian permainan yang sama  jenis permainan dan cara bermainnya. Kalau anda punya cerita tentang permainan yang sangat anda gemari pada waktu, saya sangat senang sekali jika anda mau share juga ke blog saya ini, agar generasi kita saat ini dan yang akan datang masih bisa juga mengenal aneka permainan tradisional yang ada di negeri tercinta kita Indonesia.

Kita mulai aja dengan permainan yang sangat familiar. Beruntung sekali permainan ini samapai sekarang masih tetap menjamur di manapun juga. Kalau saya sih menyebutnya permainan ini dengan sebutan permainan petak umpet. Cara bermainannya cukup sederhana. Permainan ini dimulai dengan berebut siapa yang giliran pertama mendapat hukuman. Biasanya pada waktu itu semua yang ikut permainan petak umpet berbaris memanjang, Kemudian yang paling depan menghadap tembok mata terpejam, setelah itu dia menyebut angka nomor urut berapa yang diinginkan untuk mengganti posisi jaga tembok tersebut. Tapi kalau kebetulan angka yang disebut tersebut orangnya tidak kalah dalam permaian tadi maka tidak sah. Dia harus menyebut lgi angka berapa yang menurutnya benar-benar bisa menggantikan posisinya untuk jaga.
Bisa dilihat pada gambar berikut ini.



No comments:

Post a Comment