Wednesday, 23 September 2015

BAHASA GAUL ORANG MEDAN



Haii sobat blogger

Horassss….Apa yang ada dalam benak sobat blogger jika mendengar orang menyebutkan kata horas. Sudah pasti sobat blogger berpendapat, pasti nih orang Medan. Yaa..ya emang udah pasti orang Medan. Karena kata horas itu sudah menjadi cirikhas orang Medan. Nah ini saatnya sobat blogger mengenal lebih dekat tentang Medan. Saya akan ajak sobat blogger mengenal lebih dekat sesuatu yang aneh di kota Medan, tapi segala bentuk keanehan tersebut akan membuat sobat blogger senyum-senyum lucu. Kok bisa ya aneh  seperti itu….

Memang setiap kota mempunya bahasa slang atau bahasa gaul yang setiap hari di pergunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi sobat blogger yang merupakan warga pendatang pasti merasa aneh mendengarnya bahkan bisa jadi salah pengertian.

Oke deh daripada bingung atau terbengong-bengong mari yuk kita lihat beberapa suku kata yang terasa aneh bila diucapkan, tapi sebenarnya keanehan itu akan hilang jika sobat blogger sudah terbiasa mengucapkannya

Kata Pasar, dalam kamus bahasa besar bahasa Indonesia, pasar berarti tempat orang berjual beli, kalau di Medan kata Pasar itu di artikan jalan aspal..
Kata lainnya yang sering diucapkan adalah mandi. Dalam KBBI, mandi berarti membersihkan tubuh dng air dan sabun. Tapi bila di Medan, kata mandi merupakan singkatan dari minuman, manis dingin. Manis yang dimaksud adalah teh manis.

Lucunya lagi, di Medan bila menyebut air putih ditambah es kotak disebut teh kosong. Bila di Jawa umumnya air minum model demikian disebut es tawar.
Kata lainnya yang menggelitik, di medan menyebut pom bensin dengan sebutan galon. Sedangkan kegiatan isi bensin disebut dengan isi minyak. Padahal, galon sesungguhnya dalam KBBI berarti satuan takaran barang cair (bensin dan sebagainya).
Di kalangan para sopir angkot, penumpang disebut sebagai sewa. Padahal sewa itu sendiri bermakna pemakaian sesuatu dengan membayar uang.

Berikut ini adalah kata-kata dalam bahasa Medan yang aneh dan unik

Enggak Aci = Nggak boleh
Contoh dalam kalimat = Ahh nggak acilah kalau gitu caranya

Angek = Iri
Contoh dalam kalimat = Angek kau kan liat aku

Bedangkik = Pelit
Contoh dalam kalimat = Dia memang bedangkik kali orangnya

Bon-bon = Permen (Mungkin dulunya pernah ada permen merk bon-bon)
Contoh dalam kalimat = Bagilah bon-bon kalian

Berselemak = Belepotan
Contoh dalam kalimat = Cantik-cantik kok berselemak kali ngomongnya

Bereng = Melirik serius (Diambil dari kosa kata bahasa batak)
Contoh dalam kalimat = Ihh ngeri kali orang itu bereng aku terus

Balen = Minta
Contoh dalam kalimat = Balenlah makanan kalian itu

Berondok = Sembunyi
Contoh dalam kalimat = Ngapain lah kalian berondok disitu

Bengak = Bodoh
Contoh dalam kalimat = Dasar bengak kalipun orangnya

Pinomat = Paling tidak
Contoh dalam kalimat = Pinomat mereka kasih lah depe

Banyak Cakap/ Banyak cerita (Bacrit) = Suka berbual
Contoh dalam kalimat = Ahhh bacrit kali kaupun

Tre/Cak = Coba
Kereta = Sepeda motor
Contoh dalam kalimat = Cak hidupkan dulu keretamu

Banyak cincong = Banyak alasan
Contoh dalam kalimat = Jangan lagi banyak cincong kau ya

Cemana/Kekmana = Gimana
Kelen = Kalian
Contoh dalam kalimat = Jadi cemana kalian nih, lanjut pa gak

Ecek-ecek = Pura-pura
Contoh dalam kalimat = Ecek-eceknya kau jadi pacar aku ya

Masih ada kata-kata yang sangat popular dan familiar di kota Medan diantarnya yang berikut ini :

Getek = Genit (sering ditujukan untuk pria)
Begomak = Gosip
Tumbok / Tepok = Pukul
Botot = Pengumpul barang bekas
Hajab = Hancur
Kede = Warung
Kede sampah = Warung jual sayuran mentah
Kedan = Teman dekat
Kali = Sesuatu yang berlebihan (Enak kali = Enak sekali)
Kongsi = Berbagi
Koyak = Sobek
Terkopek = Terkelupas
Ligat = Lihai, lincah
Mentel = Genit (sering ditujukan buat wanita)
Mengkek = Manja
Minyak Lampu = Minyak Tanah
Merepet = Ngomel
Melalak = Suka keluyuran
Mentiko = Belagu
Palar = Dipaksakan
Gak pala = Tidak seberapa
Pesong = Gilak
Palak = Kesal
Perei = Libur
Panglong = Tempat jual material bangunan
Pekak = Tuli
Raun-raun = Keliling (Mungkin diambil dari bahasa inggris Arround)
Recok = Ribut
Rol = Penggaris
Sengak = Ketus
Telekung = Mukena
Tepung Roti = Tepung terigu
Tarok = Letakkan
Terge = Perduli

Kok bisa ya ada suku kata yang aneh bin ajaib tersebut. Mungkin saja kata-kata slang buatan anak medan tersebut bisa terbentuk bisa jadi karena banyaknya suku etnis yang ada di kota Medan ini. Bayangin aja di Medan selain ada suku batak, dan familinya..(karo, simalungun, pakpak dairi) juga ada suku pendatang seperti, padang, jawa, aceh, melayu, juga ada suku import dari luar Indonesia, seperti  India, Cina, Pakistan. Mungkin saja suku kata slang tersebut bisa muncul dan menjamur karena adanya keanekaragaman suku-suku yang ada di kota Medan sehinggah terciptalah suku kata yang sudah terbiasa diucapkan orang Medan.

Bagi sobat blogger yang tidak terbiasa mungkin berpendapat kok sepertinya kasar ya kosa kata dan pengucapannya...Eeeitt tunggu dulu jangan salah menilai, orang Medan memang sudah terbiasa dengan pengucapan atau logat yang terkesam kasar, tapi sebenarnya tidak seperti yang ada dalam pikiran sobat blogger. Hal tersebut hanya untuk menunjukkan kalau orang Medan tuh sangat bersahabat/friendly.... 

Cemana menurut kelen....



 

1 comment: