Friday 18 September 2015

LUCUNYA BAHASA GAUL


 Hai sobat blogger...pasti pernah dengar atau membaca, serangkaian kalimat yang aneh tapi mempunyai arti tersendiri. Kedengarannya aneh, tapi sobat blogger jangan salah menafsirkan arti dari tiap suku kata yang diucapkan tersebut. Kata capcus... atau mawar pasti sobat blogger pernah mendengar atau membacanya. Jangan salah mengartikan ya. Kalau kata mawar mungkin orang awam beranggapan tuh nama bunga, padahal pengertiannya sudah beda banget, Nah kalau mawar itu bisa diartikan mau... Kalau kata capcus bisa diartikan buruan, segera bergegas..

Mungkin sobat blogger bertanya dalam hati, apa sih bahasa gaul itu...?? Bahasa gaul itu adalah bahasa yang dapat dipahami oleh sekelompok orang tertentu. Dalam artian kelompok yang dimaksud adalah kelompok usia muda dan usia tua yang merasa muda. Tentu saja dari tahun ke tahun bahasa ini atidak statis dan mengalami perkembangan.

Bahasa gaul awalnya mulai dikenal pada tahun 1940-an. Wow tuh kan tahun sebelum kemerdekaan kita ya. Emang iya sobat blogger. Saat itu bahasa gaul sedang menjamur dengan ciri mengganti suku kata dengan -se contohnya, kata genit, diubah jadi gense...(ssstt...jgn ditambah huruf 't') ntar artinya jadi beda jauh.Kalau kata nyanyi berubah jadi nyanse.
Nah, penggantian sukukata terakhir menjadi -se ini bertahan cukup lama sampai akhirnya berubah tren di era 1980-an. Di tahun 1980-an tentu saja dirajai oleh bahasa prokem, bahasa yang dipakai oleh para preman di Jakarta. Seperti apa bahasa prokem itu? Nih, trennya bahasa prokem adalah dengan menyisipkan -ok di sebuah kata. Contohnya, ya, prokem itu sendiri. Prokem berasal dari kata preman, yang kemudian disisipi -ok menjadi pr(ok)eman dan kemudian agar singkat dan mudah dibaca, dihilangkanlah sukukata terakhir, yaitu man, sehingga menjadi prokem. Kenapa harus dihilangkan? Karena pada masa itu bahasa gaul hanya menggunakan dua sukukata.

Kemudian era penting dan juga yang terakhir dalam perkembangan bahasa gaul adalah era homoseksual. Para gay dan lesbian ini sangat kreatif dalam menciptakan bahasa untuk saling berkomunikasi dengan sesamanya; bahkan, saking kreatifnya, sampai-sampai sebelum bahasa ini sempat dianalisis oleh Debby Sahertian, sudah berubah lagi menjadi lebih modern, yang kemudian menjadi bahasa gaul yang acap kita temui. Contohnya, ya, seperti kata capcus yang dipakai untuk mengartikan bergegas. Bahasa gaul modern ini kemudian tidak hanya berkutat di kaum homoseksual saja, tetapi banyak juga digunakan oleh kaum mahasiswa/i, pedagang, pengusaha, pesohor, sampai pemain sinetron. Percayalah  jika bahasa ini sudah sampai ke mulut pemain sinetron atau pesohor, maka pasti akan cepat meyebar ke mana-mana. 

Okelah sobat blogger untuk lebih jelasnya lagi kita lihat yuk kata-kata beserta aaartinya yang sering dipergunakan dalam percakapan bahasa gaul sehari-hari....yukk capcus..Jangan malu mungkin tanpa sobat blogger sadari ternyata sobat blogger juga sudah pernah menggunakan bahasa gaul...

Akika / Eke = Aku
Begindang = Begitu
Binan = Laki - Laki muda yg masih perjaka / muda
Berduri = Berdiri ( Istilahnya semacam "Tegang" )
Belalang = Beli
Separatus = Sepatu
Belenjong = Belanja
Beranak Dalam Kubur = Berak
Cacamarica = Cari
Cucok = Cocok
Crembong = Creambath
Cucong = Cuci
Cumi = Cium
Diana / Dese = Dia
Yey = Kamu
Jeng = Mba ( Istilahnya semacam panggilan hormat )
Endang = Enak
Gilingan = Gila
Hamidah = Hamil
Hima Layang = Hilang
Jali-Jali = Jalan-Jalan
Jayus = joke-garing
Jijay Markijay = Jijik
Kanua = Kamu
Kalong = Kalau
Kawilarang = kimpoi
Kesindang = Kesini
Kemindang / Kemandra = Kemana
Kencana = Kencing
Kepelong = Kepala
Kesandro = Kesana
Krejong = Kerja
Lekong = Laki - laki
Lambreta = Lambat
Lapangan Bola = Lapar
Maharani = Mahal
Makarena = Makan
Macica = Macet
Maluku = Malu
Mandole = Mandi
Mataram = Mati
Mawar = Mau
Merekah = Marah
Minangan = Minum
Motorola = Motor
Mukadima = Muka
Mursida = Murah
Nanda = Nanti
Naspro = Nasi
Nepsong = Nafsu
Organ = Orang
Organ Tunggal = Orang Tua
Pere = Perempuan
Pertiwi = Perut
Piur = Pergi
Rambutan = Rambut
Sastra = Satu
Samir = Sama
Sekong = Sakit ( Istilahnya semacam "Gay" )
Sepong / Sapose = Siapa
Sirkuit = Sedikit
Soraya Perucha = Sakit Perut
Sutra = Sudah
Tinta = Tidak
Titi DJ = Hati-hati di jalan
Xanana Gusmao=Kesana
Titik Sandhora=Hati-hati kesandung orang
Putu wijaya=Putus
Chrisye=Kiri
Imelda Marcos=Email
Dharmawanita=Patungan
Besolfon=Besok
Kamasutra=Kamus / Kemarin sore 


*dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment